Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Ibu Hamil

Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil - Wanita hamil terkadang memiliki masalah - masalah yang dapat mengancam kesehatan bagi bay...

Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil - Wanita hamil terkadang memiliki masalah - masalah yang dapat mengancam kesehatan bagi bayi dan sang ibu,. Oleh karena itu penting bagi para gadis calon Ibu menjaga kesehatan juga menjaga kesehatan rahim (baca: cara menjaga kesehatan rahim).

Hamil baik itu hami muda dan hamil tua memliki problemnya masing-masing, untuk memahaminya yuk ibu-ibu baca perkembangan Ibu hamil sejak Trimester pertama kehamilan hingga trimester ketiga

Nyeri Pinggang Pada Wanita Hami Di Trimester

#1 Ibu Hamil di Trimester Pertama

Sedikit ibu hamil di trimester pertama yang mengeluhkan rasa nyeri atau tegang pada bagian perut.Hanya saja beberapa diantaranya ada yang mengeluhkan seperti sedikit sakit menyerupai rasa sakit perut menjelang menstruasi. Anda tidak perlu khawatir rasa nyeri ini ditimbulkan karenan meningkatkan hormon progesteron dan juga relaksin sehingga sambungan tulang pada bagian rahim merenggang.Meskipun tidak membahayakan akan tetapi anda harus melakukan konsultasi dengan dokter anda apabila rasa nyeri pada bagian perut terus berlangsung hingga usia kehamilan 10-12 minggu.

#2 Ibu Hamil di Trimester Kedua

Memasuki trimester kedua kerap kali ibu mengalami nyeri pada bagian kanan dan kiri bagian perut yang ditandai dengan berpindah dari bagian perut bawah kiri ataupun kanan. Kondisi ini dikarenakan pada bagian struktur tali yang mempertahankan rahim pada dinding perut atau dikenal dengan ligamentum mengalami nyeri akan tetapi tidak membahayakan. Ibu hamil hanya perlu untuk beristirahat rileks dengan menggunakan bantal yang tinggi.

#3 Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Ibu hamil seringkali mengalami rasa nyeri pada bagian perut di trimester akhir. Hal ini dikarenakan perut ibu yang semakin membesar dan mengakibatkan terjadinya tekanan pada kandung kemih yang barada pada bagian bawah perut.

Hanya saja bagi ibu hamil, apabila mengalami infeksi pada saluran kemih maka kondisi akan semakin membuatnya semakin mengalami rasa sakit. Beberapa gejala yang berhubungan dengan infeksi saluran kemih maka sering kali mengalami nyeri pada bagian perut bagian bawah punggung bahkan hingga menimbulkan kontraksi.
Ilustrasi perut Ibu Hamil

Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

1# Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

Perbaiki postur tubuh para bunda

Seiring dengan tumbuhnya janin di dalam kandungan, pusat gravitasi tubuh akan makin ke depan. Untuk mencegah jatuh ke depan, tubuh akan berusaha untuk lebih condong ke belakang, kondisi ini akan menyebabkan ketegangan pada otot otot tulang belakang dan menyebabkan nyeri tulang belakang/pinggang. Ringankan kondisi ini dengan memperbaiki postur tubuh:

  • Buatlah posisi tubuh tegak lurus.
  • Tinggikan bagian dada.
  • Biarkan bahu tetap dalam kondisi rileks.
  • Jangan mengunci bagian lutut.
  • Jika berdiri dalam waktu yang lama, istirahatkan salah satu kaki dengan menggunakan pijakan kaki yang lebih rendah, dan beristirahatlah yang lebih sering.


Postur yang baik juga berlaku saat duduk, pilihlah tempat duduk yang dapat menopang punggung dengan baik, tambahkan bantal di bagian belakang untuk membantu menyangga punggung.

2# Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil 

Ibu cobba gunakan alas kaki yang pas

Gunakan alas kaki yang hak-nya rendah dengan kelengkungan bagian atas yang pas dengan lengkung telapak kaki. Hindari penggunaan high heels karena sepatu jenis ini mendorong keseimbangan tubuh ke depan dan menyebabkan risiko terjatuh.

3# Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

Belajar mengangkat benda dengan benar yah bunda

Saat mengangkat benda yang kecil, jongkoklah lalu angkat dengan kedua kaki. Jangan mengangkat benda dengan cara membungkuk lalu mengangkatnya menggunakan punggung. Penting juga mengetahui batas kemampuan dalam mengangkat benda, cari bantuan bila diperlukan.

4# Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

Bunda Coba Tidur miring

Tidurlah dalam posisi miring, jangan terlentang. Tekuk salah satu atau kedua lutut dan diantara lutut bisa diselipkan bantal. Bantal juga bisa ditambahkan pada bagian bawah perut dan belakang punggung.

5# Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

Kompres hangat, dingin atau pemijatan

Kompres hangat, dingin atau pemijatan pada punggung dapat membantu meringankan nyeri punggung pada ibu hamil.

6# Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

Tetap rajin bergerak

Aktif bergerak dalam keseharian dapat membantu menguatkan otot otot punggung sehingga membantu meredakan rasa nyeri saat hamil. Tentu olahraga yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi kehamilannya. Bila memang tidak paham dengan cara berolahraga saat hamil, bisa meminta bantuan terapis di bidang ini.

Jika nyeri pinggang disertai dengan keluar darah dari kemaluan, demam dan nyeri saat buang air kecil, segera ke dokter.

Nah, itu dia Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Ibu Hamil semoga bermanfaat yah calon bunda, tetaplah menjadi madrasah islam bagi calon peneus bangsa ini

COMMENTS

Name

Kanker Payudara Kesehatan Rahim Muslimah Nyeri Pinggang Saat Hamil Organ Kewanitaan
false
ltr
item
Sehatnya Wanita: Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Ibu Hamil
Cara Meringankan Nyeri Pinggang Pada Ibu Ibu Hamil
http://www.amazine.co/wp-content/uploads/2013/01/kehamilan.jpg
Sehatnya Wanita
http://sehatnya-wanita.blogspot.com/2016/04/cara-meringankan-nyeri-pinggang-ibu-hamil.html
http://sehatnya-wanita.blogspot.com/
http://sehatnya-wanita.blogspot.com/
http://sehatnya-wanita.blogspot.com/2016/04/cara-meringankan-nyeri-pinggang-ibu-hamil.html
true
8259477916128370304
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy